Sejarah Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus padahubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuatikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yangkemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputitidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketikaYahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005.Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Pengertian Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atauorganisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaansosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah inidiperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnyaadalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik sepertinilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Manfaat Jejaring Sosial
- Sebagai sarana diskusi dengan jangkauan yang luas
- Media untuk bertukar informasi
- Sebagai sarana hiburan
- Sebagai sarana komunikasi
- Memperkuat pertemanan dengan teman satu sekolah atau teman kuliah
- Menjalin silaturahmi yang sudah lama putus dengan teman lama atau kerabat lama
- Mendapat informasi terbaru
- Mengisi waktu luang
- Menambah wawasan
- Tempat pembelajaran online
- Kecanduan
- Lupa waktu
- Bisa terperangkap dalam kejahatan internet
- Berkurangnya perhatian terhadap keluarga
- Tergantikannya kehidupan sosial
- Tersebarnya data penting yang tidak semestinya
- Pornografi
- Pemanfaatan untuk kegiatan negatif
- Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
- Membuat prestasi pelajar semakin menurun
- Tumbuhnya sikap hedonisme dan konsumtif
Contoh situs jejaring sosial
Situs jejaring sosial berkembang sangat pesat. Situs situs ini berkembang dengan fitur - fitus yang disediakan. Situs - situs diantaranya :
- Facebook, Diperkirakan saat ini jumlah penggunanya mencapai 200,000,000 orang di seluruh dunia dan akan terus berkembang.
- Friendster, Pernah menjadi salah satu situs terpopuler di Indonesia walaupun sekarang digeser oleh Facebook. Penggunanya di seluruh dunia diperkirakan mencapai 90,000,000.
- hi5, Situs hi5 termasuk populer di beberapa negara di Asia tapi kurang populer di negara barat seperti Amerika Serikat. Jumlah penggunanya saat ini diperkirakan mencapai 80,000,000.
- Multiply, Walaupun di negara Amerika Serikat tidak populer namun di Indonesia khususnya situs ini banyak dikenal dan diisi untuk meningkatkan jaringan. Penggunanya diperkirakan sekitar 10,000,000.
- MySpace, MySpace merupakan situs jejaring sosial yang memiliki jumlah pengguna terbesar di dunia. Diperkirakan saat ini jumlahnya mencapai 253,145,404.
- Hotlistcentral.com, Buat profil pribadi Anda dengan biografi Anda, foto, video, blog Anda sendiri dan memberitahu semua orang yang Anda ingin bertemu.
- campushook.com,Chatting dan membuat teman-teman di situs ini sosial ramah, cukup membuat profil Anda sendiri dan bergabung dengan kelompok kepentingan dan forum, baca review film, cerita swap, foto dan banyak lagi
- Koprol.com merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota – kota di Indonesia, Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama.
A.Jejaring Sosial Asli Indonesia
- Fupei.com
- www.kenalanyuk.com (indonesia punya)
- www.kombes.com (indonesia punya)
- DIGLI.com
- OTOFRIENDS.com
- LILOCITY.com
- KONGKOOW.com
B.Jejaring sosial yang membayar penggunanya
jejaring sosial yang membayar penggunanya adalah salah satu situs jejaring sosial seperti facebook. Agar banyak perusahaan yang memasang iklan di situs tersebut , maka situs itu harus memiliki trafik yang tinggi (trafik=jumlah kunjungan). Agar banyak yang mengunjungi, maka situs tersebut berusaha untuk menarik (merekrut) anggota dalam jumlah yang sebanyak-banyaknya
Jadi, kesimpulan dalam menggunakan jejaring sosial hendaknya lebih berhati-hati. Karena, teknologi mampu membaca apa-apa yang kita lakukan sekarang di dunia maya. Hendaknya kalian maupun saya dapat lebih bijak dalam menggunakan jejaring sosial agar orang lain tidak tersinggung apa yang kita bicarakan. Serta, adanya Jejaring Sosial maka sebuah
informasi bisa disampaikan dan tersebar dengan cepat. Jejaring Sosial
juga bisa menjadi sebuah tempat untuk proses pembelajaran bagi para
penggunanya.
SOURCE :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar