Senin, 26 November 2012

Jejaring Sosial

Sejarah Jejaring Sosial
 
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus padahubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuatikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yangkemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputitidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketikaYahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005.Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

Pengertian Jejaring Sosial
 
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atauorganisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaansosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah inidiperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnyaadalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik sepertinilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
 
Manfaat Jejaring Sosial
  1. Sebagai sarana diskusi dengan jangkauan yang luas
  2. Media untuk bertukar informasi
  3. Sebagai sarana hiburan
  4. Sebagai sarana komunikasi
  5. Memperkuat pertemanan dengan teman satu sekolah atau teman kuliah
  6. Menjalin silaturahmi yang sudah lama putus dengan teman lama atau kerabat lama
  7. Mendapat informasi terbaru
  8. Mengisi waktu luang
  9. Menambah wawasan
  10. Tempat pembelajaran online
Dampak Negarif Jejaring Sosial
  •  Kecanduan
  •  Lupa waktu
  •  Bisa terperangkap dalam kejahatan internet
  •  Berkurangnya perhatian terhadap keluarga
  •  Tergantikannya kehidupan sosial
  •  Tersebarnya data penting yang tidak semestinya
  •  Pornografi
  •  Pemanfaatan untuk kegiatan negatif
  •  Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
  •  Membuat prestasi pelajar semakin menurun
  •  Tumbuhnya sikap hedonisme dan konsumtif
 

Contoh situs jejaring sosial

 
Situs jejaring sosial berkembang sangat pesat. Situs situs ini berkembang dengan fitur - fitus yang disediakan. Situs - situs diantaranya :
 
  • Facebook, Diperkirakan saat ini jumlah penggunanya mencapai 200,000,000 orang di seluruh dunia dan akan terus berkembang.
  • Friendster, Pernah menjadi salah satu situs terpopuler di Indonesia walaupun sekarang digeser oleh Facebook. Penggunanya di seluruh dunia diperkirakan mencapai 90,000,000.
  • hi5, Situs hi5 termasuk populer di beberapa negara di Asia tapi kurang populer di negara barat seperti Amerika Serikat. Jumlah penggunanya saat ini diperkirakan mencapai 80,000,000.
  • Multiply, Walaupun di negara Amerika Serikat tidak populer namun di Indonesia khususnya situs ini banyak dikenal dan diisi untuk meningkatkan jaringan. Penggunanya diperkirakan sekitar 10,000,000.
  • MySpace, MySpace merupakan situs jejaring sosial yang memiliki jumlah pengguna terbesar di dunia. Diperkirakan saat ini jumlahnya mencapai 253,145,404.
  • MuslimMatch.com, jaringan sosial Islam bagi perempuan Muslim dan Pria, yang mencari persahabatan, mitra serius atau untuk pernikahan
  • Hotlistcentral.com, Buat profil pribadi Anda dengan biografi Anda, foto, video, blog Anda sendiri dan memberitahu semua orang yang Anda ingin bertemu.
  • campushook.com,Chatting dan membuat teman-teman di situs ini sosial ramah, cukup membuat profil Anda sendiri dan bergabung dengan kelompok kepentingan dan forum, baca review film, cerita swap, foto dan banyak lagi
  • Koprol.com merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota – kota di Indonesia, Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama.

A.Jejaring Sosial Asli Indonesia

  • Fupei.com
FUPEI-Friends Uniting Program Especially Indonesia- adalah sebuah website komunitas yang berisi tentang jurnal persahabatan dan kreatifitas di internet, dikhususkan untuk kalangan Indonesia, FUPEI terus berusaha untuk mengembangkan fasilitasnya agar tidak kalah dengan fasilitas website-website yang sejenis diluar, memiliki anggota sebanyak 80.000 lebih orang dengan 96,3 persen adalah pengguna yang berasal dari Indonesia.
  • www.kenalanyuk.com (indonesia punya)
  • www.kombes.com (indonesia punya)
  • ADANDU.com 
Adandu memiliki tampilan logo dan website yang didominasi warna merah-putih serta maskot berbentuk kartun bintang kuning. Adandu mulai diluncurkan dalam versi beta di bulan Oktober 2009. Berdasarkan data Alexa pada Mei 2009 laju pertumbuhan jumlah halaman website Adandu yang diakses (pageviews) dalam tiga bulan naik 6000%. Sedangkan laju waktu tinggal per orang (average time on site) tumbuh 2400%. Data ini menunjukkan meningkatnya jumlah dan loyalitas pengunjung yang mengakses website
  • DIGLI.com
 DIGLI adalah situs pertemanan dengan rasa Indonesia dimana seluruh pengguna DIGLI bisa berinteraksi satu sama lain sehingga membentuk sebuah aktifitas bersosialisasi.Lebih mudah mendapatkan temanDengan DIGLI, para pengguna bisa lebih mudah mendapatkan teman-teman baru karena di sini para pengguna DIGLI lebih mudah mengakrabkan diri dengan pengguna lainnya. Selain itu, berbagai fasilitas yang tersedia sangat mendukung para penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan pengguna-pengguna lainnya,kalau dalam penilaian situs ini menggabungkan antara facebook dengan kaskus.
  • OTOFRIENDS.com
  • LILOCITY.com
  • KONGKOOW.com

B.Jejaring sosial yang membayar penggunanya

jejaring sosial yang membayar penggunanya adalah salah satu situs jejaring sosial seperti facebook. Agar banyak perusahaan yang memasang iklan di situs tersebut , maka situs itu harus memiliki trafik yang tinggi (trafik=jumlah kunjungan). Agar banyak yang mengunjungi, maka situs tersebut berusaha untuk menarik (merekrut) anggota dalam jumlah yang sebanyak-banyaknya  
 
Jadi, kesimpulan dalam menggunakan jejaring sosial hendaknya lebih berhati-hati. Karena, teknologi mampu membaca apa-apa yang kita lakukan sekarang di dunia maya. Hendaknya kalian maupun saya dapat lebih bijak dalam menggunakan jejaring sosial agar orang lain tidak tersinggung apa yang kita bicarakan. Serta, adanya Jejaring Sosial maka sebuah informasi bisa disampaikan dan tersebar dengan cepat. Jejaring Sosial juga bisa menjadi sebuah tempat untuk proses pembelajaran bagi para penggunanya.
 
 
SOURCE :
 
http://smaline.blogspot.com/2011/01/contoh-situs-jejaring-sosial.html 
 
http://www.cybersulutnews.com/index.php?document_srl=37163 
 
http://www.scribd.com/doc/78363152/Pengertian-Jejaring-Sosial 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar