Selasa, 06 November 2012

Metoda Penglamatan Internet

METODA PENGALAMATAN INTERNET

Dengan konsep dari protocol TCP/IP, setiap computer yang terhubung pada jaringan TCP/IP, secara teori harus mempunyai suatu alamat yang unik (tidak ada yang sama). Alamat ini dikenal sebagai Internet Protocol Number (IP Number/ IP Addres), sebesar 32-bit dan dipresentasikan dalam bentuk decimal dibagi menjadi 4 bagian dipisahkan dengan titik. Pada saat ini, ada konsep-konsep baru yang memungkinkan satu IP dipakai oleh lebih dari satu computer.
Contoh: 202.988. 235.130

Satu IP Adress mempunyai sutau nama untuk dapat mempermudah mengidentifikasi suatu computer di internet atau yang biasa disebut sebagi host.
Host adalah suatu computer yang terhubung dengan jaringan yang dalam hal ini adalah internet. Computer ini dapat memberikan fasilitas layanan kepada jaringan yang terhubung kepadanya. Satu nama host dapat mempunyai lebih dari satu nama alias.

Domain
Dalam tata cara penamaan suatu host dengan istilah Domain, yang digunakan untuk menentukan posisi hirarki host dari jaringan internet ini. Dibawah nama domain dalam hirarki ini memungkinkan adanya nama subdomain.

Penentuan nomor IP Address dan nama domain tidak dapat dilakukan secara sembarang, permohonan harus diajukan kepada Internet Network Information Center (InterNIC). Badan ini bukan pengelola internet, melainkan mengelola pemakaian alamat IP dan nama domain. Berikut ini adalah beberapa nama domain yang ada di internet:

com, co : Badan komersial
Contoh: microsoft.com, yahoo.co.id

edu, ac, sch : Lembaga pendidikan
Contoh: gunadarma.ac.id

gov, go : Lembaga Pemerintahan
Contoh: bpk.go.id

net : gateway jaringan, ISP
Contoh: ibm.net, indosat.net.id

mil: militer
Contoh: af.mil

org: organisasi
Contoh:

or: khusus Indonesia berarti other (lain-lain) diluar institusi ac.id, mil.id, go.id

web : kegiatan internet (perusahaan/perorangan)
Contoh: master.web.id

tv: televisi
Contoh: an.tv
ws: web site.

Karena saat ini jaringan internet sudah mencakup banyak sekali Negara, maka unutk mempermudah identifikasi lokasi host internet ini, maka dibuatlah hirarki nama domain Negara. Contoh:
Au: Australia
Id: Indonesia
Uk : United Kingdom (Inggris)
Ca : Canada
My : Malaysia



Pengalamatan bertujuan bagaimana supaya data yang dikirim sampai pada mesin yang sesuai (mesin tujuan) dan bagaimana hal tersebut dapat dilakukan oleh operator dengan mudah. Untuk itu maka data dari suatu host (komputer) harus dilewatkan ke jaringan menuju host tujuan, dan dalam komputer tersebut data akan disampaikan ke user atau proses yang sesuai. TCP/IP menggunakan tiga skema untuk tugas ini :
  1. Addressing adalah IP address yang mengidentifikasikan secara unik setiap host di jaringan, sehingga dapat menjamin data dikirim ke alamat yang benar.
  2. Routing adalah gateway untuk data ke jaringan dimana host tujuan berada.
  3. Multiplexing adalah pengaturan nomor port dan protokol yang mengirim data modul software yang benar di dalam host.


Kesimpulannya adalah suatu komputer saling terhubung satu sama lain dan tidak bisa di pisahkan. Apabila komponen-komponen tersebut ada yang hilang, maka komputer tidak akan bekerja dengan maksimal. Metoda penglamatan internet ini teramat sangat membantu untuk mengetahui situs-situs di luar Indonesia, dan memudahkan kita dalam memperoleh informasi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar